Langsung ke konten utama

Pesona Wisata Suber Maron Gondanglegi Malang

Kabupaten Malang di Jawa Timur benar-benar simpan eksotisme wisata tertentu. Walaupun banyak wisata buatan banyak muncul, wisata alamnya sangat menarik. Diantaranya wisata alam yang baik sekali di Malang adalah Sumber Maron.

Sumber Maron adalah wisata alam. Status wisata ini sebagai gabungan antara bentang sawah yang hijau, sungai jernih, kolam sumber air alami, dan air terjun dengan ketinggian sedang. Bintangnya adalah sungai beriak yang bisa digunakan untuk river tubbing.

Tempat wisata yang menawarkan pemandian dengan kesegaran sumber mata air alami. Awalannya sumber air ini hanya digunakan masyarakat sekitar untuk budidaya kangkung. Dan tempat istirahat sesudah rutinitas bertani. Tapi dengan kemampuan yang ada selanjutnya sumber mata air jadi kawasan wisata yang cukup populer.

Supaya bisa cicipi kesegaran dan keindahan tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan ticket masuk. Harga ticket masuk terhitung cukup murah, hanya dibedakan berdasarkan usia pelancong. Tempat wisata ini buka dan bisa dikunjungi tiap. Dengan jam buka diawali pada pagi sampai sore hari. Begitu lama jadi sumber air masyarakat sekitar, Sumber Maron dibuka untuk rekreasi. Tumbuhan hijau yang menghampar munculkan kesejukan untuk siapakah yang menyaksikan. Tidak hanya itu, ada air terjun semakin menambah keindahan tempat ini.

Pada tempat ini ada air terjun yang bernama Grojogan Sewu dan memiliki ketinggian 5 m saja. Air terjun yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat ini betul-betul cocok digunakan sebagai mandi.

Keasrian lingkungan di wisata Sumber Maron ini benar-benar mempersejuk. Sebelum cicipi hidangan khusus berupa air terjun, pengunjung akan menemui kolam ikan. Di kolam pertama ini pengunjung akan rasakan banyak ikan mas penuhi kolam.

Maksud dari tujuab ini anak karena sungainya tidak demikian dalam. Walau demikian, pengunjung harus masih siaga sejauh mencari kawasan wisata ini.
Fasilitas yang ada pula cukup lengkap. Pengunjung bisa merasakan kamar ruang ganti dan mandi. Saat lapar serang setelah asyik bermain air, pengunjung bisa berkunjung ke penjual makanan yang berada di sekitar status.

Dengan naik ke air terjun langsung, tentu munculkan kesan-kesan yang lain. Selain itu kesegaran air terjun benar-benar nikmat di rasa di atas. Tapi jika kuatir, bermain di bawah air terjun tidak kalah hebat.
Bukan hanya menyuguhkan wisata alam yang elok, ada pula wisata edukasi di sini. Hal tersebut karena ada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidra (PLTMH). Pembangkit listrik ini betul-betul bermanfaat untuk warga seputar.

Tidak main-main, ada 4 desa yang telah menggunakan pembangkit listrik ini. Hal tersebut tentu memberi edukasi tertentu untuk wisatawan yang berkunjung. Bukanlah cicipi keindahan alam, ada pengetahuan lainnya didapat.
Dangkalnya sungai dan arusnya yang deras, membuat tempat ini cocok untuk river tubing. River tubing adalah rutinitas cari sungai dengan ban karet. Air sungai di sini benar-benar masih alami dan tidak kotor, sampai aman.

Cerita Mistis Sumber Maron Juga Cukup Terkernal


Dikisahkan pada jaman dahulu ada seorang puteri yang bertapa untuk mencapai kesempurnaan hidup. Di tengah pertapaannya dia sukses mengalahkan gairah supiyahnya sendiri. Udara napsu berupa godaan akan jatuh cinta dan kecantikan.
Nafsu yang sudah ditundukkan itu seterusnya diwujudkan menjadi patrem. Keris kecil itu seterusnya dimasukkan di bawah pohon beringin pemandian Sumber Maron. Bermula dari penanaman patren itu, hingga saat ini banyak orang yang usaha untuk memperlihatkan kebenaran cerita itu.

Panjang sungai yang ditelusuri untuk river tubing sekitar 500 mtr.. Awalnya, pengunjung diharuskan sewa ban karet ditambahkan dahulu. Biaya kontraknya cukup dicapai, antara Rp. 3.000 sampai Rp. 15.000 tergantung ukuran.

Aliran air yang cukup deras dan bebatuan yang besar membuat tubbing semakin hebat. Permainan ini cukup aman, karena pengunjung tidak dilepaskan tanpa pengawasan. Di ujung tempat tubbing dipersiapkan palang bambu untuk meredam pengunjung tenggelam.
 

Selain itu beberapa penjaganya siap sedia mengawasi pengunjung dan membantu. Jadi walaupun cukup memacu adrenalin, keamanan terbangun. Hal ini sebagai argument permainan ini cocok dicoba sekeluarga.


Berenang jadi diantaranya kegiatan rutin yang disayangi pengunjung. Kejernihan air kolam alami yang ada dalam bawah air terjun akan menarik pelancong. Kolam tidak demikian dalam, tapi untuk anak-anak agar makin aman bisa sewa ban ke pengurus.
 

Setelah lelah coba berbagai fasilitas yang membahagiakan, saat ini waktunya coba spot ini. Spot ini berupa barisan tempat makan, atau lumrah disebut wisata kuliner. Terkecuali berbagai keasyikan di fasilitas, spot ini sebagai argument pengunjung ingin datang kembali.
 

Di tempat ini ada berbagai olahan keunikan jawa, diawali pada soto, lainnya dan bakso. Harga dapat disebutkan betul-betul murah, ingat tempatnya yang ada pada tempat rekreasi. Pinggir warung makan yang berupa sungai munculkan beberapa kesan kesan-kesan tertentu dan alami. Dengan berbagai keindahan alami yang ditawarkan, banyak juga fasilitas yang disiapkan.

Tetapi, Beritanya mengakibatkan karena penanaman patren itu, di masa dahulu Sumber Maron sering menjadi tempat pesugihan.

Latar belakang periode lalu itu, jejaknya masih terasa sampai sekarang ini. Kerap ada banyak kejadian aneh di Sumber Maron. Salah satunya hal aneh adalah munculnya figure setan, semua jenisnya, dan hantu. Berdasar sebagian wisatawan yang mengambil foto sering tangkap figure mistis pada hasil foto mereka.

Status Sumber Maron

Tempat rekreasi Sumber Maron ada dalam Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Objek Wisata ini bisa dicapai dengan berkendara sejauh sekitar satu jam dari Kota Malang.
Lajur Menuju Sumber Maron. Untuk menuju Sumber Maron pengunjung bisa tentukan menggunakan kendaraan angkutan umum atau pribadi. Jika tentukan angkutan umum, dari Kota Malang bisa menumpang angkot berkode AG, LG, GL, atau GA menuju Terminal Hamid Rusdi. Selanjutnya, dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju Gondanglegi, seterusnya diteruskan dengan naik ojek sekitar 10 menit.

Sementara, bila menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Malang bisa tujukan kendaraan menuju Kecamatan Gondanglegi. Dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 10 menit menuju Desa Karangsuko sampai merasakan SDN 2 Karangsuko. Dari SD itu, lanjutkan perjalanan sekitar 100 mtr. sampai jumpa perempatan. Seterusnya belok ke kanan. Selanjutnya, patuhi saja papan panduan arah sampai di Sumber Maron.

Jam Buka Sumber Maron

 

Tempat wisata Sumber Maron Malang ini buka setiap hari Senin sampai minggu dari start jam 07.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Ticket Sumber Maron

Untuk cicipi serunya Sumber Maron, pengunjung dikenakan ongkos Rp 5.000 (per 20 Januari 2020). Bila melawat menggunakan sepeda motor, ongkos parkirnya sebesar Rp 3.000, sedang untuk mobil Rp 5.000. Biaya itu bisa berlainan saat berlibur akhir pekan atau panjang.

Sementara untuk cicipi river tubing, wisatawan cukup menambah Rp 5.000 untuk sewa ban dalam.

Fasilitas di Sumber Maron


Fasilitas di status wisata Sumber Maron terbilang cukuplah lengkap. Pengurus sudah siapkan musala, toilet umum, ruang ganti tempat parkir, dan pakaian. Warung penjual makanan ada beberapa di sini.

Ada hal yang unik dari warung makan di status ini. Beberapa warung itu siapkan panganan keunikan Sumber Maron, yakni sempol. Sempol adalah panganan yang dibikin dari gabungan tepung dan sedikit daging ayam yang sudah digiling, seterusnya diolah dengan baluran telur.

Komentar