Langsung ke konten utama

Tempat Makan Legendaris: 10 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak Sepanjang 2020

Tidak cuman mempunyai rekreasi alam yang cantik dan menakjubkan, kuliner tradisional ciri khas Banyuwangi populer enak-enak lho. Berikut 10 referensi makanan ciri khas Banyuwangi yang terenak dan legendaris. Harga murah, harus sekali dicoba saat berlibur! Yok, rekreasi kulineran ke dalam daftar tempat makan legendaris di Banyuwangi di bawah ini.


1. Ayam Pedas Rantinem Genteng Ciri khas Banyuwangi


Referensi tempat makan legendaris di Banyuwangi yang pertama ialah Ayam Pedas Ibu Rantinem sudah membuka semenjak zaman 1970-an.

Kulineran Sedap dari Banyuwangi ini benar-benar terkenal karena rasa pedasnya yang unik. Ayam daerah dipakai sebagai bahan baku hingga rasanya benar-benar renyah.

Langkah mengolah makanan ciri khas Banyuwangi yang populer nikmat ini unik. Saat sebelum digabung dengan bumbu berkuah santan pedas, beberapa ratus potong ayam daerah akan dibakar lebih dulu.

Kemudian, baru direbus dalam kuah santan pedas sepanjang beberapa saat. Kebayang kan nikmat dan pedasnya! Pecinta pedas, harus mendekat dech dasarnya.

Harga Ayam Pedas Rantinem murah lho, sekitaran Rp20.000 per jatahnya. Menu favorite kulineran Banyuwangi ini ialah kepala ayam pedas yang selalu habis dicari konsumen. Jika ingin mencicip kepala ayam pedas, seharusnya pesan satu hari awalnya ya agar kebagian.

Alamat: Desa Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68465

  • Jam membuka: 16.00-03.00
  • Telephone: 0813-5800-8125 

 

2. Sego Cawuk Bu Mantih, Kulineran Legendaris Banyuwangi

Kamu harus berkunjung kulineran legendaris yang ini saat berlibur ke Banyuwangi. Sego Cawuk Bu Mantih ini telah berdiri semenjak tahun 1972, lho. Tidak bingung jika tempat makan di Banyuwangi ini benar-benar terkenal.

Sego cawuk sendiri ialah nasi yang dihidangkan dengan kuah parutan kelapa muda dan diperlengkapi dengan jagung muda yang dibakar. Lantas digabung dengan ketimun dan cabe dan asem.

Sego cawuk di warung Bu Mantih terbagi dalam nasi yang diguyur kuah pindang, kuah bumbu rujak, dan kuah parutan kelapa (trancam).

Kamu bebas pilih lauk, dimulai dari krecek, cecek, telur cit, dendeng sapi, sampai bermacam pepes super sedap. Manis, renyah, dan asam menjadi satu. Fresh!

Harga makanan di Sego Cawuk Bu Mantih murah sekali, lho. Untuk sepiring makanan mengunggah hasrat, kamu perlu keluarkan kantong sekitaran 10-20 ribu saja. Pas sekali didatangi untuk makan pagi sedap di Banyuwangi!

  • Alamat: Jalan KH Top Hasyim, Banyuwangi
  • Jam membuka: 06.00-11.00 (Senin tutup)

 

3. Nasi Tempong Mbok Nach, Pedasnya Nampar Sekali

Ingin coba kulineran legendaris ciri khas Banyuwangi? Coba dech nasi tempong di Nasi Tempong Mbok Nach yang populer nikmat. Nasi tempong sendiri ialah nasi hangat yang dihidangkan bersama ayam goreng, telur dadar, dalaman ayam, dan lauk yang lain.

Selanjutnya diperlengkapi dengan kemangi, lahapan, ketimun, dan sambal terasi super pedas. Nikmatnya pol! Harus hukumnya coba kulineran lokal Banyuwangi ini.

Buat yang menyukai pedas, tentu sukai dengan makanan ciri khas Banyuwangi ini. Pedasnya buat terasanya ditampar! Satu porsi Nasi Tempong Mbok Nach murah sekali lho fellas, sekitaran Rp8.000 sampai belasan ribu rupiah saja. Bergantung lauk yang kamu tentukan.

  • Alamat: Jalan Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416
  • Jam membuka: 09.00-00.00 (Jumat tutup)

 

4. Pondok Rujak Soto, Kulineran Unik Ciri khas Banyuwangi

Rujak soto? Tentu kamu berasa ganjil bernama itu. Orang Banyuwangi memang suka menyatukan dua menu jadi satu sajian yang menggoyang lidah. Nach, rujak soto ialah makanan ciri khas yang terkenal di Banyuwangi.

Rujak soto benar-benar gampang diketemukan. Referensi rumah makan untuk nikmati kulineran ciri khas ini ialah Pondok Rujak Soto. Tempat makan di Banyuwangi ini benar-benar legendaris karena telah diatur oleh angkatan ke 3.

Di Pondok Rujak Soto, kamu dapat nikmati rujak soto yang diperlengkapi telur rebus. Kuahnya sedikit hitam dengan cita-rasa yang unik: kombinasi rasa rujak yang pedas dengan kuah soto dan daging yang renyah. Maknyus!

Pisang klutuk sebagai bahan harus yang membuat rasa ciri khas dalam Rujak Soto. Untuk nikmati makanan ciri khas Banyuwangi legendaris ini, kamu perlu keluarkan dana sekitaran Rp20.000.

  • Alamat: Jalan Basuki Karunia No.147, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68414
  • Jam membuka: 08.00-20.00

 

5. Pecel Rawon RM. Pecel Ayu, Unik dan Legendaris!

Satu kembali makanan unik ciri khas Banyuwangi yang dibikin dari 2 sajian, yakni pecel rawon. Kamu dapat nikmati kulineran sedap ini di Pecel Rawon RM. Pecel Ayu yang populer legendaris dan telah berdiri semenjak 1988.

Pecel rawon ialah nasi pecel biasa yang disiram kuah rawon. Penyuguhannya diperlengkapi dengan empal daging, serundeng, peyek udang, dan tahu goreng. Selanjutnya ditambahkan sayur rebus, seperti kacang panjang, taoge, dan bayam.

Rasanya nikmat, kaya rempah dan kaldu. Rasa manisnya tidak begitu menguasai, cocok. Harus coba dasarnya! Harga murah, sekitaran Rp15.000 untuk satu jatah.

  • Alamat: Jalan Adi Sucipto, No. 65, Banyuwangi
  • Jam membuka: 06.30-20.30

 

6. Ayam Kesrut Kanggo Riko, Asam Pedas Fresh

Ada beberapa makanan ciri khas Banyuwangi yang unik dan belumlah diketahui beberapa orang. Satu diantaranya ialah sop kesrut yang dapat kamu coba saat berlibur di Banyuwangi yang populer dengan panggilan "The Sunrise of Java".

Sop kesrut ialah makanan legendaris ciri khas Banyuwangi yang mulai jarang-jarang diketemukan. Kulineran kuno Suku Osing ini untungnya dapat kamu cicip di Ayam Kesrut Kanggo Riko.

Performanya serupa dengan sayur asem, perbedaannya hidangan sop Kesrut memakai potongan daging ayam daerah dan kuah asam pedas.

Demikian dikonsumsi, langsung berasa kesan fresh, pedas, asam, dan renyah yang sangat nikmat. Potongan ayam kampungnya empuk.

Walau simpel, menu khusus dari Banyuwangi ini lebih banyak pecintanya, lho. Janganlah lupa tambah sambal tempong, ya. Pedas tetapi Tagih! Harga sekitaran Rp30.000, telah terhitung ayam daerah goreng, jamur crispy, lahapan, tempe goreng, dan sambal tempong.

  • Alamat: Desa Karangsari, Dusun Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi
  • Jam membuka: 00.00-habis

 

7. Rawon Bik Ati, Tempat Makan Nikmat di Banyuwangi

makan di Banyuwangi ini telah lama populer sebagai pemenangnya daging rawon semenjak 1948. Resep rawonnya bahkan juga telah diturunkan temurun sepanjang empat angkatan, lho. Legendaris dan nikmat sekali, dech.

Waroeng Bik Ati sekarang mempunyai empat cabang, satu diantaranya ada di Bandung. Harga bervariatif, dimulai dari Rp30-50 ribu.

Menu yang dijajakan lumayan banyak, dimulai dari rawon empal, rawon buntut, rawon limpa, sampai rawon babat. Di restaurant ini ada menu lain, seperti ayam goreng, pecel lele, sampai udang goreng.

  • Alamat: Jalan A. Yani, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416
  • Jam membuka: 08.00-21.00

 

8. Warung Soto Pak Salim, Kulineran Nikmat di Banyuwangi

Kamu pecinta soto? Harus singgah ke Warung Soto Pak Salim bila sedang jalanan ke tujuan hits di Banyuwangi. Opsi sotonya cukup bermacam, seperti soto daging, soto ayam, sampai rujak soto.

Berlainan dari soto secara umum, kuah soto di Warung Soto Pak Salim lebih pekat, kental, dan kaya bumbu. Jadi, maknyus sekali! Tidak cuman soto, kamu bisa juga pesan nasi goreng, capcay, dan mi goreng di sini.

  • Alamat: Jalan A. Yani No. 18, Penganjuran, Banyuwangi, Jawa Timur 68416
  • Jam membuka: 06.30-22.30

 

9. Warung Lya Banyuwangi, Hidangan Lodeh Koro yang Pedas

Bila kamu sukai pedas dan sedang melalui lajur Utara Banyuwangi, harus singgah di Warung Lya. Makanan ciri khas Banyuwangi ini menyuguhkan menu khusus, yakni Lodeh Koro Pedas.

Warung makan legendaris ini telah diatur oleh tiga angkatan, lho. Rasa pedas ciri khas lodeh koronya juga telah dipertahankan sepanjang 30 tahun.

Rumah makan ini membuka 24 jam hingga siapa saja dapat singgah kesini. Walau dihidangkan hangat, lodeh koro pedas di Warung Lya telah diolah satu hari awalnya agar bumbu lebih menyerap. Oke!

  • Alamat: Jalan Raya Situbondo No. 425, Desa Alasmalang, Alasrejo, Banyuwangi 68453
  • Jam membuka: 24 jam

 

10. Sego Buntel Bu Poer, Simpel Tetapi Modern

Sego Buntel Bu Poer cukup terkenal untuk warga asli Banyuwangi. Di warung ini terdapat beberapa pilihan kuliner tradisional dan unik dari Jawa.

Kamu dapat pilih beragam tipe nasi, seperti nasi merah, nasi jagung, nasi kuning, dan nasi putih. Lauk-pauknya banyak juga, seperti ikan laut, telur dadar, gudeg, orak-arik mercon, dan gorengan. Tempat makan legendaris di Banyuwangi yang pantas dicoba!

  • Alamat: Jalan Jendral Sudirman No. 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Banyuwangi 68415
  • Jam membuka: 07.00-21.00

 

Itu 10 referensi tempat makan nikmat di Banyuwangi yang menyuguhkan kulineran unik dan legendaris. Memikat sekali, kan? Yok jalanan ke Banyuwangi bersama.

Komentar